CATATAN HARIAN REKSABUANA ALIMDARAMA ATMAJA S.I.Kom Melangkah Untuk Masa Depan

Image result for Lost Art of Walking

CATATAN HARIAN REKSABUANA ALIMDARAMA ATMAJA S.I.Kom

Melangkah Untuk Masa DepanBerjalan, smua orang tentu melakukannya baik dimaknai secara leksikal maupun gramatikal,kita senantiasa melakuka hal ini dalam menjalani hidup, berjalan juga banyak diartikan sebagai bagaimana kita menjalani proses kehidupan, dan  merupakan fase cara berpindah tempat kedua dalam hidup manusia , karena yang pertama tentu crawling atau merangkak.

Selain itu berjalan adalah satu cara terhemat untuk lebih sehat, Jalan kaki merupakan olahraga gratis yang mungkin dengan sengaja atau tanpa sengaja sering seseorang lakukan. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, memuji manfaat besar yang didapatkan dari berjalan kaki. Selain baik bagi kesehatan fisik, psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana itu juga bisa mengubah hidup Anda. Beberapa fakta tentang jalan kaki diantaranya adalah:  Jalan kaki selama 20 menit setiap hari akan membakar 7 pound atau 3,5 kg lemak per tahun. Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.  Jalan kaki cepat dari 20 sampai 25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru.

Sementara itu tak sedikit manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin jalan kaki. Berikut 6 Manfaat jalan kaki yang bisa dilakukan setiap hari:

  1. Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru dan membakar lemak dalam tubuh

  2. Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat, bahkan sekalipun tengah istirahat. Selain itu juga membantu mengontrol selera makan

  3. Meningkatkan energi dan Membantu menyembuhkan stress

  4. Memperlambat penuaan,  dan enurunkan tingkat kolesterol dalam darah

  5. Menurunkan tingkat darah tinggi dan membantu mengontrol dan mencegah diabetes

  6. Menurunkan beberapa resiko kanker seperti kanker prostat dan payudara juga membantu rehabilitasi dari serangan jantung dan stroke. Dengan jalan kaki bisa juga memperkuat otot kaki, paha dan tulang

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik, jalan kaki juga mempunyai manfaat psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana itu juga bisa mengubah hidup kita.

Dan Alhamdulillahi Robbil `Alamin pada hari ini tanggal 28 pebruari 2018 Segenap Keluarga besar Yayasan Pndok Pesantren Modern Al Amanah yang mana menaungi 3 lembaga SD Antawirya, SMP Bilingual Terrpadu dan , Madrasah Aliyyah Bilingual, mengadakan jalan sehat sebagai salah satu bagian dari closing ceremony PORSENI Pesantren Modern Al Amanah, yang telah terlaksana 2 hari sbelumnya. diikuti oleh seluruh siswa atau santri dan seluruh Ustadz Ustadzah di lingkungan Yayasan Pndok Pesantren Modern Al Amanah.

Dengan diiringi alunan music patrol yang membahana, dan dilepas oleh Putera Romo Kyai Haji Nurcholis Misbah yaitu Gus Muhammad Ulil Albab S.Pd.I atau yang akrab disapa Gus Ulil,seluruh peserta berjalan melewati desa junwangi, menyisir sungai dan memutarinya, jarak yang ditempuh mungkin tidak terlalu jauh, hanya 1 km ,namun terasa sekali semangat para Peserta didik dalam menyambut event yang diselenggarakan setahun sekali ini,Tidak terlihat mimik wajah lemas dari mereka, walau yel yel yang mereka teriakkan sempat tidak terdengar beberapa saat.

Kegiatan ini sangat menginspirasi dan tentu pula menyehatkan, kita seolah kembali ke masa lalu apalagi didukung oleh keadaan desa junwangi yang penuh sawah dan asri, seolah kita sedang berjalan menyusuri peradaban, walau keringat bercucuran, itu bukan hambatan untuk terus melangkah, langkah yang tak terhitung, pun tergantikan saat dengan bahagianya kita bisa kembali ke pesantren kita tercinta, dimana kegiatan dilanjutkan dengan pemberian hadiah pada para juara kegiatan PORSENI Pesantren Modern Al Amanah 2018,

Kegiatan ini menarik, mungkin perlu ditambah frekuensinya, minimal 2 atau 3x dalam setahun ,karena manfaat dalam sisi pendidikan dan kesehatan yang sangat melimpah,  dan lagi, kita tak mungkin hanya melangkah saat ini, namun mengkah juga untuk masa depan,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *