Catatan harian Faliqul Isbah (Pembina Pramuka) Salam Pramuka! Pramuka Praja Muda Karana

Image result for pramuka pondok pesantren modern al amanah

Catatan harian Faliqul Isbah
(Pembina Pramuka)

Salam Pramuka! Pramuka Praja Muda Karana. Merupakan salah satu wadah besar untuk mendidik anak dalam pembentukan banyak karakter. Beberapa di antaranya adalah kedisiplinan, amanah, tanggung jawab, mental, fisik, dan kreatifitas yang inovatif. Untuk mewujudkan karakter itu semua butuh proses yang lama dan tak mudah. Latihan yang sunggung-sungguh belum cukup kalau tidak istiqomah dan mampu menghadapi kebosanan.

Hari ini, 25 Februari 2018. Saya mendampingi anak-anak pada event lomba  STASION 4, tingkat penggalang SMP/MTs se Provinsi Jawa Timur di SMKN 5 Surabaya. Alhamdulillah kita raih juara 1 secara kesuluruhan kategori dan juara 2 kategori pioneering terbaik. Beberapa minggu sebelumnya kita juga sering raih prestasi yang luar biasa juga. Keberhasilan itu kita raih dengan latihan keras dan tak lepas dari prinsip di atas. Dalam tradisi kami, anak-anak selalu latihan pramuka saat ada atau tiada lomba. Setiap seminggu sekali latihan dan rapat koordinator untuk membahas perkembangan kepramukaan Al-Amanah. Jadi ketika ada perlombaan, kita sudah siap.

Sebagai pembina saya selalu mengontrol secara khusus agar kopastral mampu mengatur waktu (mangemen waktu) lebih bijak dibanding anak-anak lain. Misalkan saya selalu himbau bahwa waktunya pramuka harus dimaksimalkan untuk pramuka, kegiatan belajar harus dimaksimalkan belajar, mengaji harus dimaksimalkan mengaji, dan kegiatan-kegiatan yang lainnya tidak boleh saling tumpang tindih. “Belajar ngatur waktu, bukan waktu yang mengatur kalian”, begitu ucap saya kepada Kopastral. Oleh karena itu setiap latihan, kita pastikan untuk tidak mengganggu agenda lain. Cara lain saya untuk membina mereka adalah selalu mengawali kegiatan dengan do’a dan kita akhiri dengan kata-kata motivasi dan do’a, agar anak-anak tetap semangat dan ceria, meskipun menjalani tekanan latihan yang sangat luar biasa. Karena di setiap latihan ada hukuman dari saya bagi mereka yang tidak sesuai dengan peraturan yang disepakati. Disamping itu setiap latihan ada target yang harus dicapai. Itu sama halnya pada setiap perlombaan, apapun perlombaannya, target kita pada lomba itu adalah “KOPASTRAL must be the first.”
“KALIAN PERLOMBAAN INI TIDAK DAPAT PRESTASI ATAU JUARA, MAKA SETAHUN KE DEPAN TIDAK ADA PERLOMBAAN YANG KALIAN IKUTI. PAHAM!!!”
SIAP PAHAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *