Catatan harian Ahmad Nur Wahyudah, S.Pd (Guru PPkn) Seminar “KEBERSIHAN LINGKUNGAN BESERTA DENGAN MANFAATNYA BAGI KITA SEMUA” di Pesantren Modern Al Amanah

Related image

Catatan harian Ahmad Nur Wahyudah,  S.Pd

(Guru PPkn)

Seminar “KEBERSIHAN LINGKUNGAN BESERTA DENGAN MANFAATNYA BAGI KITA SEMUA” di Pesantren Modern Al Amanah.

picture source

Kebersihan lingkungan hendaknya tidak terpisahkan dari setiap manusia, lingkungan yang bersih akan memberikan manfaat yang besar kepada manusia dan sebaliknya lingkungan yang kotor akan memberikan masalah yang besar kepada manusia. Oleh sebab itu kita wajib menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal terkecil dan mulai dari sekarang, sebagai manusia yang tidak terpisahkan dari lingkungannya kita dituntut untuk bisa menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan agar senantiasa terpelihara dengan baik.

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat. Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Kondisi suatu lingkungan dapat kita tentukan dengan bioindikator. Bioindikator berasal dari bahasa Inggris. Bio artinya makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan mikroba sedangkan indikator artinya variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. Sehingga yang dimaksud dengan bioindikator adalah komponen biotik (tanaman/hewan/mikrobial) yang dapat dijadikan indikator kondisi/komposisi komponen biotik dan abiotik dari waktu ke waktu. Bioindikator dapat digunakan untuk menentukan kualitas lingkungan, karena biondikator memiliki toleransi moderat terhadap variabilitas lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *