Cara Memunculkan Semangat Menulis Ala Guardian Of library

Image result for inspiring book hd wallpaper

Reksa Pracoustyc (Original Article Idea)

Asalamualaikum Wr Wb Halo apa kabar, Salam Inspirasi, artikel kali ini saya ingin membahas cara memunculkan mood dalam menulis mungkin ada diantara anda yang mempunyai hobby menulis atau bekerja di bidang yang sangat membutuhkan sumber daya  inspirasi tak terbatas, content writer misalnya,atau mungkin seorang pendidik yang senang mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar yang dijalaninya

picture source

Baiklah seperti yang kita tahu, menulis adalah salah satu sarana dalam mentransfer pengalaman dan keilmuan kita selain bahasa, menulis juga merupakan tanda bawa kita, merupakan makhluk berakal, berikut ini tips yang mungkin bisa menjadi saranan menemukan inspirasi dalam menulis. hal ini juga bermanfaat bagi anda yang mengelola blog dengan content original.

  1. COBA JALAN JALAN ,jalan jalan disini bukan jalan jalan biasa atau berjalan tanpa arah seperti pengembara, yang menyusuri mencari arti kehidupan tapi jalan jalan dalam merefresh pikiran dan mencari ide ide baru yang menarik, kadang banyak hal sederhana yang menarik namun kita lewatkan saat menuju ke tempat beraktivitas ,bekerja, kuliah , sekolah misalnya ,hal hal kecil itulah yang nantinya akan menjadi inpiring booster kita,
  2. BUKA BLOG ATAU SUMBER TULISAN LAIN, ada berjuta penulis dan blogger diluar sana (kini juga vlogger) dari yang hebat hingga yang noob,mereka semua memiliki kehebatan masing masing, dan saya yakin dengan “blogwalking/vlogwalking”(menjelajahi halaman blog atau vlog orang lain),atau membaca tulisan orang lain, anda akan mendapat banyak referensi,
  3. FOKUS DAN SEGERA, ingat anda adalah seorang penulis, bukan pemain bola, jadi segera menulislah saat anda menemukan inspirasi, jangan tunda langsung tulis ide anda,walau hanya di secarik bon belanja, saya rasa 99% orang kini memiliki smartphone jadi mudah menuliskan ide yang ditemukan.
  4. IBADAH, percaya atau tidak, hal paling menenangkan di planet bumi ini, adalah ketika bersujud dan beribadah pada Allah SWT, dan sudah pasti hati yang tenang adalah sumber inspirasi yang paling kuat.
  5. MENULISLAH SESUATU YANG BERSAMBUNG: contohnya cerbung, kenapa?, karena selain melatih daya ingat , cerbung juga membuat pembaca ,bahkan penulisnya sendiri penasaran, selain itu hal ini juga mampu melatih daya survival imajinasi, seorang penulis.
  6. TIDUR merupakan cara paling mentok, ya saat tak ada satupun ide terlintas, tidurlah, bisa jadi anda terlalu sering begadang, dan berimbas pada kurang jernihnya pikiran anda dalam berinspirasi,
  7. NARSIS kadang kita juga harus sedikit PD dengan tulisan kita, karena tanpa rasa bangga terhadap karya sendiri, maka tak ada yang bisa dibanggakan dari karya kita,
  8. JADILAH PEMBACA saat anda menulis, dengan menjadi pembaca,saat anda menulis, anda akan mencurahkan isnpirasi anda lebih banyak, anda bukan hanya sebagai penulis namun juga penikmat tulisan tersebut, anda akan merasakan keseruan yang sama layaknya anda membacanya.
  9. NGOPI nah yang ini banyak yang suka sepertinya, menurut laman resmi RSNA.org. Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, dipublikasian di Radiological Society of North America. Penelitian yang dilakukan tersebut menunjukan bahwa minum kopi memiliki keterkaitan dengan peningkatan memori otak.”Dimana peneliti menemukan bahwa mereka yang minum dua cangkir kopi berkafein dalam sehari mengalami peningkatan memori jangka pendek.

    Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi 100 miligram kafein (sekitar dua cangkir kopi) mampu memberikan peningkatan aktivitas di daerah otak yang berhubungan dengan fungsi memori dan perhatian atau kemampuan fokus.

    Florian Koppelstätter, M.D., Ph.D, seorang radiolog dari Medical University Innsbruck di Austria, mengungkapkan bahwa kandungan kafein bekerja untuk membantu peningkatan kemampuan fungsi otak yang lebih tinggi.

    Dr. Koppelstätter dan rekan-rekannya membuat penelitian dengan menggunakan bantuan MRI, tujuannya untuk mengetahui manfaat konsumsi kafein pada aktivasi otak.

    Penelitian dengan menyertakan sebanyak 15 sukarelawan dewasa sehat, yang akan diteliti kondisi fungsi memori mereka.

    Dr. Koppelstätter menjelaskan fungsi memori sebagai aktivitas otak yang diperlukan untuk mengingat berbagai hal dalam waktu yang singkat. Seperti mengingat nomor telepon di buku telepon.

    Para relawan penelitian tersebut, ditunjukkan urutan gambar sederhana (berupa huruf A, B, C atau D) dan kemudian ditanya apakah gambar itu sama dengan yang ditampilkan dua gambar sebelumnya.

    Para relawan diminta untuk merespon dengan secepat mungkin menggunakan jari telunjuk kanannya untuk “ya” dan jari telunjuk kiri untuk “tidak.”

    Tugas ini dilakukan setelah periode 12 jam tanpa kafein dan empat jam tanpa paparan nikotin.

    Kemudian untuk yang kedua kali mereka diminta untuk melakukan tugas ini lagi, tetapi kondisinya agak sedikit berbeda, karena sebagian dari mereka diberikan asupan kafein secara acak.

    Hasilnya, mereka yang diberikan asupan kafein menunjukkan kecenderungan peningkatan memori jangka pendek dan reaksi yang lebih tanggap.

    Alat MRI menunjukkan adanya peningkatan aktivitas di daerah otak yang terletak di lobus frontal, dimana itu adalah bagian dari jaringan fungsi memori berada, serta peningkatan pada cingulum anterior, itu adalah bagian dari otak yang fungsinya mempengaruhi kemampuan perhatian.

    Dr. Koppelstätter menjelaskan dengan mesin MRI tim-nya dapat mengetahui bahwa kafein diberikan bisa memberikan efek peningkatan aktivitas neuron di otak.

    Mesin MRI

    Mesin MRI | Sumber gambar: Medkes.com

    Pada penelitian lainnya pada tahun 2007, peneliti menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum kopi ternyata mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam tes memori.” dikutip dari

oke sekian ya artikel yang mudah mudahan berfaedah ini,selamat berkarya kawan,

jadi mulailah menulis dari sekarang, inspirasimu adalah peradaban,

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
naah bagi yang punya ide lain , silahkan berkomentar,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *